Journal article
PEMBELAJARAN INOVATIF JIGSAW BERORIENTASI ERGONOMI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENINGKATAN LUARAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MA NW GELONDONG
Abdul Hafiz Haqqi I Made Sutajaya LUH MADE INDAH SRI HANDARI ADIPUTRA Prof.Drs.Ida Bagus Adnyana Manuaba, HonFErgsS.,FIPS., Sp.Erg I Dw Pt Sutjana Ida Bagus Alit Swamardika
Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2018, June
Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic)
Abstrak
Proses pembelajaran melibatkan guru dan peserta didik di dalam berbagai kegiatan menimbulkan dampak terhadap luaran proses dan hasil belajar. Luaran proses berupa kelelahan, kebosanan dan hasil belajar berkaitan dengan kondisi pembelajaran yang diterapkan. Diperlukan pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi untuk mewujudkan kondisi pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi pada mata pelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan luaran proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalen randomized pre and posttest control group design, melibatkan 33 sampel yang dipilih menjadi, 16 sampel pada kelompok kontrol dan 17 sampel pada kelompok eksperimen. Pendataan dilakukan menggunakan kuesioner kebosanan, 30 Items of Rating Scale untuk kelelahan dan rubrik speaking bahasa inggris untuk hasil belajar. Uji normalitas data dengan uji Shapiro-Wilk. Data yang berdistribusi normal dianalisis dengan uji t group dan data yang tidak berdistribusi normal dianalisis dengan uji Mann-Whitney pada tingkat kemaknaan 5% (?=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran inovatif Jigsaw berorientasi ergonomi pada mata pelajaran bahasa inggris yang diterapkan pada kelompok eksperimen meningkatkan luaran proses dilihat dari penurunan kelelahan sebesar 23,05%, penurunan kebosanan sebesar 30,25% dan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 27,91%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi pada mata pelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan luaran proses dan hasil belajar peserta didik. Disarankan bahwa pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran bahasa inggris dan peserta didik kelas X Ma NW Gelondong tetapi dapat diterapkan pada mata pelajaran, kelas dan sekolah yang lain.